RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE :
1, 2, 3 (PERMAINAN BOLA BESAR)
ALOKASI WAKTU :
6 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS : Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan : : :Olahraga dengan teknik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan teknik bermain salahsattu permainan olahraga bola besar secara seerhana serta
nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.
INDIKATOR : Pertemuan
ke 1 (Sepak bola)
-
Kemampuan menggunakan formasi, bentuk, strategi pola
penyerangan 4-2-4.
-
Kemampuan menggunakan berbagai formasi, bentuk dan
strategi pola pertahanan 4-4-2
Pertemuan ke 2 (bola
Voli)
-
Kemampuan menggunakan berbagai formasi bentuk dan
strategi dalam permainan Bola Voli
-
Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur dalam permainan
Pertemuan ke 3 Bola
Basket)
-
Kemampuan menggunakan berbagai formasi bentuk dan
strategi dalam permainan bola basket
-
Kemampuan menerapkan strategi penyerangan
-
Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan
jujur.
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 1
-
Siswa dapat menggunakan formasi bentuk dan strategi pola
penyerangan 4-2-4.
-
Siswa dapat menggunakan berbagai formasi bentuk dan
strategi pola pertahanan 4-4-2.
Pertemuan Ke 2
-
Siswa dapat menggunakan berbagai formasi , bentuk dan
strategi dalam permainan bola voli
-
Siswa mampu memperlihatkan nilai pantang menyerah dan
jujur.
Pertemuan ke 3
-
Siswa mampu menggunakan berbagai bentuk dan strategi.
-
Siswa mampu meneerapkan strategi penyerangan.
-
Siswa mampu memperlihatkan nilai pantang menyerah.
I. MATERI PEMBELAJARAN : Pertemuan ke 1
- Formasi permainan sepak bola pola penyerangan W-M atau 4-2-4
-- Formasi pertahanan 4-4-2
Pertemuan ke 2
-
Formasi permainan bola voli
Pertemuan ke 3
-
Pengintegrasian Teknik dalm permainan bola basket
II. METHODE PEMBELAJARAN :
Demontrasi dan penugasan
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 1 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang permainan sepak bola
(khususnya pola penyerangan dan pertahanan).
-
Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-
Siswa bermain sepak bola (berkompetisi antar sesama
kelompok) sesuai dengan tugas dan pungsinya dengan praturan yang dimodifikasi.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan
sepak bola Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai
prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang permainan sepak bola
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang
permainan sepak bola.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 2 2 X 45 MENIT
A. Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang permainan Bola Voli.
-
Siswa menyimak dan mempraktikkan sesuai dengan tugas dan
pungsinya.
Elaborasi
-
Siswa Bermain Bola Voli (Berkompetisi) antar kelompok dengan
praturan yang sesungguhn ya
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan
Bola voli Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai
prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang permainan Bola voli
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang
permainan Bola voli
C. Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 3 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang permainan Bola Basket
-
Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-
Siswa menyimak dan mempraktikkan sesuai dengan tugas dan
pungsinya
Elaborasi
-
Siswa Bermain Bola
Basket berkompetisi) antar kelompok dengan praturan yang sesungguhn ya
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan
Bola Basket Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai
prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang permainan Bola Basket
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang
permainan Bola
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
BubarBasket
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Bola voli, bola sepak, Bola basket,
-
Buku panduan teknik dan strategi permainan sepak bola,,
bola voli dan bola basket. Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN
Penilan terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3. Pengetahuan 20 %
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE : 4 (PERMAINAN BOLA KECIL)
ALOKASI WAKTU :
6 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS : Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan : : :Olahraga dengan teknik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan teknik bermain salahsattu permainan olahraga bola kecilr secara seerhana serta nilai kerja sama, kejujuran,
menghargai, semangat dan percaya diri.
INDIKATOR : Pertemuan
ke 4 (Soft ball)
-
Kemampuan menggunakan berbagai formasi, bentuk, strategi dalam permainan soft ball.
-
Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan
jujur.religius,
percaya diri. Menghargai orang lain,demokratis
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 4
-
Siswa dapat menggunakan formasi bentuk dan strategi dalam permainan soft ball
-
Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan
jujur.religius,
percaya diri. Menghargai orang lain,demokratis .
I. MATERI PEMBELAJARAN : Pertemuan ke 4
- Formasi permainan soft ball
II. METHODE PEMBELAJARAN :
Demontrasi dan penugasan
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 4 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang permainan soft ball .
-
Setiap kelompok menyimak dan menerapkannya.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok mempragakan permainan soft ball sesuai dengan tugas dan pungsinya dengan
praturan yang dimodifikasi.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan soft ball: religius Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang permainan soft ball.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang
permainan soft ball.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Bola tennis, alat pemukul
-
Buku panduan teknik dan strategi permainan Soft ball,,. Dinas Olahraga DKI Jakarta
2000.
V. PENILAIAN
Penilan
terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE :
5 dan 6 ((atletik)
ALOKASI WAKTU :
6 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS : Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan : : :Olahraga dengan teknik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama,
kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.
INDIKATOR : Pertemuan
ke 5 (lompat Tinggi)
-
Kemampuan melakukan teknik dalam nomor lompat tinggi gaya guling
perut (straedle)
Pertemuan ke 6 (Tolak peluru)
-
Kemampuan melakukan teknik tolak peluru gaya menyamping
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 5 dan ke 6
-
Siswa mampu melakukan teknik lompat tinggi gaya guling perut (straedle)
-
Siswa mampu melakukan teknik tolak peluru gaya menyamping.
I. MATERI PEMBELAJARAN Pertemuan ke 5 dan ke 6
-
Nomor lompat tinggi gaya guling perut (Straedle)
-
Nomor tolak peluru gaya mennyamping.
II. METHODE PEMBELAJARAN :
Demontrasi dan penugasan
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 5 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang cabang olahraga atletik (khususnya lompat tinggi).
-
Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok melakukan latihan lari dan lari kijang untuk
meningkatkan daya ledak otot kaki tolak.
-
Siswa secara kelompok melakukan latihan awalan dengan langkah ganjil,
tolakan, gaya dan saat mendarat.
-
Siswa secara bergantian melakukan lompat tinggi gaya guling perut, dimulai
dari yang rendah bertahap ke yang lebih tinggi
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius, Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya
diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang lompat tinggi gaya guling perut (straedle).
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang Lompat tinggi.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 6 2 X 45 MENIT
D. Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
E. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang Atletik (khususnya tolak peluru)..
-
Siswa menyimak dan mempraktikkan sesuai dengan tugas dan
pungsinya.
Elaborasi
-
Siswa secara kelompok melakukan gerakan pengenalan tolak peluru mulai dari
cara memegang, latihan mendorong peluru keatas
-
Siswa sxecara bergantian melakukan gerakan tolak peluru gaya menyamping
tanpa awalan.
-
Siswa melakukan gerakan tolak peluru gaya menyamping dengan awalan.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, i Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang Tolak peluru.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang Tolak peluru
F. Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Bola tennis, alat pemukul
-
Buku panduan teknik nomor lempar. Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN
Penilan
terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE :
7 (PENCAK SILAT)
ALOKASI WAKTU :
2 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS : Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan : : :Olahraga dengan teknik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan teknik menyerang salah satu permainan olahraga bela diri serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai,
semangat dan percaya diri.
INDIKATOR :
Pertemuan ke 7
-
Kemampuan melakukan teknik penyerangan dengan menggunakan tangan
-
Kemampuan melakukan teknik menghindar dari serangan lawan dengan
menggunakan tangan.
-
Kemampuan melakukan teknik geraklan serang hindar secara berpasangan.
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 7
-
Siswa mampu melakukan teknik gerakan penyerangan dengan tangan.
-
Siswa mampu melakukan teknik gerakan menghindar dari serangan lawan dengan
tangan.
-
Siswa mampu melakukan teknik gerakan serang hindar secara berpasangan
I. MATERI PEMBELAJARAN : Pertemuan ke 4
- Teknik gerakan serang hindar dengan
tangan.
II. METHODE PEMBELAJARAN :
Demontrasi dan penugasan
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 7 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang olahraga pencak silat
-
Setiap kelompok menyimak dan menerapkannya.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok berlatih teknik gerakan pukulan menggunakan
kepalan, telapak tangan dan sikut
-
Siswa secara berpasangan berlatih teknik gerakan pukulan dan teknik
menghindar menggunakan tangan yaitu pukulan lurus, pukulan sengkol / bandul
serta pukulan lingkar
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai : religius Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang olahraga bela diri.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang pencak silat.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan , pluit
-
Buku panduan teknik bela diri pencak silat . Dinas Olahraga DKI Jakarta
2000.
V. PENILAIAN
Penilan
terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE :
8, 9, 10 dan 11 (latihan kebugaaran Jasmani)
ALOKASI WAKTU :
8 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS Mempraktikkan aktifitas
pengembangan untuk men kebugaran jasmani dan cara pengukurannya serta
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani
serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
INDIKATOR : Pertemuan
ke 8
-
Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan
-
Kemampuan melakukan bentuk latihan tenaga ledak
Pertemuan ke 9
-
Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kecepatan
-
Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan ototugaran
jasmani
Pertemuan ke 10
-
Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
-
Kemampuan melakukan berbagai bentuk lat ihan daya tahan
Pertemuan ke 11
-
Kemampuan menerapkan dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani Yaitu :
-
Mengukur kelincahan
-
Mengukur kekuatan
-
Mengukur daya tahan
-
Mengukur kecepatan
-
Mengukur ketepatan
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 8
-
Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan
-
Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan tenaga ledak
Pertemuan Ke 9
-
Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kecepatan
-
Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan,.
Pertemuan ke 10
-
Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
-
Siswa mampu melakukan berbagai latihan daya tahan
Pertemuan ke 11
-
Siswa dapat menerapkan konsep dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani.
I. MATERI PEMBELAJARAN Pertemuan ke 8
-
Kelincahan dan eksplosif power
Pertemuan ke 9
-
Kecepatan dan kekuatan otot
Pertemuan ke 10
-
Ketepatan dan daya tahan kerja jantung
Pertemuan ke 11
-
Test dan pengukuran kesegaran jasmani
II. METHODE PEMBELAJARAN :
Demontrasi dan penugasan
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 8 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang Kelincahan dan eksplosip power.
-
Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk meningkatkan kelincahan dengan
lari bolak balik, lari zig zag dan lari membentuk angka delapan.
-
Siswa secara kelompok melakukan latihan naik turun tangga selama 5 sampai
8 menit untuk menimbulkan tenaga ledak
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang kelincahan
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang Keb
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan ugaran jasmani
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 9 2 X 45 MENIT
G. Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
H. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang Kebugaran jasmani
-
Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
Elaborasi
-
Siswa melakukan latihan untuk meningkatkan kecepatan dengan berbagai cara
misalnya lari jarak pendek berkali-kali, lari naik turun tangga, atau bukit.
-
Siswa secara berkelompok melakukan
latihan kekuatan yaitu sit up, push up, back up dan squatrush.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan
Bola voli Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai
prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang kebugaran jasmani.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani
I.
Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 10 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang kebugaran jasmani
-
Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-
Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk meningkatkan ketepatan dengan
cara melempar bola kelingkaran yang sudah dibuat.
-
Siswa secara berkelompok melakukan untuk meningkatkan daya tahan yaitu
dengan lari jarak menengah atau jauh.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang Kebugaran jasmani
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
BubarBasket
PERTEMUAN KE 11 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang kebugaran jasmani
-
Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-
Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk mengukur kelincahan, ketepatan,
kekuatan,kecepatan dan kelenturan
-
Siswa secara .berkelompok membuat laporan hasil tes pengukuran kebugaran
jasmani
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang Kebugaran jasmani
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Stop wach
-
Buku panduan Erlangga 2007.
V. PENILAIAN
Penilan terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE :
12 dan 13 (Senam
ketrangkasan)
ALOKASI WAKTU :
4 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS Mempraktikkan
berbagai keterampilan senam
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan rangkaian
senam ketangksan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri kerja sama, kejujuran,
menghargai, semangat dan percaya diri.
INDIKATOR :
Pertemuan ke 12
-
Kemampuan melakukan senam lantai berguling ke depan dilanjutkan lenting
tengkukdiatas peti lompat.
Pertemuan ke 13
-
Kemampuan melakukan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat.
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 12 dan ke 13
-
Siswa dapat melakukan rangkaian senamberguling kedepan
-
Siswa dapat melakukan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat
II. MATERI PEMBELAJARAN Pertemuan
ke 12
-
Rangkaian senam lantai menggunakan alat
Pertemuan ke 13
-
Rangkaian senam tanpa alat
III. METHODE PEMBELAJARAN : Demontrasi dan penugasan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 12 2 X 45 MENIT
- Kegiatan awal - Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan
-
Pembagian kelompok
B.Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru memberikan penjelasan tentang senam ketangkasan
-
Siswa menyimak apa yang dijelaskan oleh guru
Elaborasi
-
Siswa secara bergantian melakukan latihan berguling ke depan dan kebelakang
dilanjutkan lenting kebelakang.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius, Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya
diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang senam ketangkasan
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam ketangkasan
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 13 2 X 45 MENIT
J. Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
K. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang senam ketangkasan
-
Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-
Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan guru
Elaborasi
-
Siswa secara bergantian melakuakan guling kedepan dan kebelakang tanpa
menggunakan alat
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, i Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang Senam ketangkasan.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam ketangkasan
L. Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Matras
-
Buku Pendidikan jasmani Agus mukolid
Yyudistira 2004
V. PENILAIAN
Penilan
terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE :
14 dan 15 (Aktifitas
ritmik)
ALOKASI WAKTU :
4 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS Mempraktikkan aktifitas ritmik menggunakan alat
dengan koordinasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan aktifitas
ritmik tanpa/dengan alat koordinasi gerak lanjut serta nilai kedisiplinan
konsentrasi dan keluwesan dan etika i.
INDIKATOR :
Pertemuan ke 14
-
Kemampuan melakukan rangkaian gerak aerobik secara berkelompok.
Pertemuan ke 15
-
Kemampuan merangkai senam aerobikdengan menggunakan alat sederhana
secara berkelompok
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 14 dan ke 15
-
Siswa mampu merangkai gerkan senam aerobik secara berkelompok.
-
Siswa mampu merangkai gerakan senam aerobik dengan menggunakan alat secara
berkelompok.
II. MATERI PEMBELAJARAN Pertemuan
ke 14
-
Senam aerobik tanpa alatt
Pertemuan ke 1
-
Senam aerobik dengan alat
III. METHODE PEMBELAJARAN : Demontrasi dan penugasan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 14 2 X 45 MENIT
- Kegiatan awal - Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan
-
Pembagian kelompok
B.Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru memberikan penjelasan tentang senam aerobik
-
Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-
Siswa menyimak apa yang dijelaskan oleh guru
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok berlatih gerak lengan, langkah pada keterampilan
senam aerobik tanpa alat low impact aerobik dan high infact aerobik,
-
Siswa secara berkelompok merangkai gerakan senam aerobik tanpa alat yaitu
langkah kanan atau kiri dua langkah kanan atau kiri dan seterusnya.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius, Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya
diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang aerobik
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam aerobik
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 15 2 X 45 MENIT
M. Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
N. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang senam aerobic
-
Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-
Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan guru
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok berlatih gerak lengan, langkah pada keterampilan
senam aerobik dengan menggunakan alat.
-
Siswa secara berkelompok berlatih merangkai gerak senam aerobik menggunakan
alat.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, i Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang Senam aerobik
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam aerobik
O. Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Matras
-
Buku Pendidikan jasmani Agus mukolid
Yyudistira 2004
V. PENILAIAN
Penilan
terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE :
16 (HIV/AIDS)
ALOKASI WAKTU :
2 X 45 MENIT
STANDARD
KOMPETENSI : Menerapkan
Budaya Hidup Sehat
Kompetensi
dasar :
Memahami bahaya HIV/AIDS
Memahami cara penularannya
Memahami cara menghindari penularannya
Indikator :
Pertemuan ke 16
-
Kemampuan mendefenisikan pengertian HIV/AIDS
-
Kemampuan mengidentifikasi bahaya yang diakibatkan oleh penularan virus
HIV/AIDS.
-
Kemampuan mengklarifikasikan faktor-faktor penyebab penularan HIV/AIDS.
-
Mampu menjelaskan cara penulaaranHIV/AIDS
-
Siswa mampu mengidentifikasi cara menghindari penularan HIV/AIDS.
- Tujuan Pembelajaran : Pertemuan Ke 16
-
Siswa dapat mendefinisikan pengertian HIV/AID
-
Siswa dapat mengidentifikasikan bahaya yang diakibatkan oleh penularan
Virus HIV/AIDS.
-
Siswa mampu mengklarifikasikan faktor-faktor penyebab penularan HIV/AIDS.
-
Siswa mampu menjelaskan cara penularan HIV/AIDS.
-
Siswa mampu mengidentifikasikan cara-cara menghindari penularan HIV/AIDS.
- Materi pembelajaran : Pertemuan ke 16
-
Bahaya HIV/AIDS
-
Cara penularan HIV/AIDS
-
Cara Menghindari HIV/AIDS
- Metode Pembelajaran : Pertemuan ke 16
-
Diskusi kelompok dan Penugasan
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti : Pertemuan ke 16
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan tentang HIV/AIDS
-
Siswa membaca buku sumber
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk mencari informasi tentang
HIV/AIDS
-
Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang bahaya yang diakibatkan
karena HIV/AIDS.
-
Siswa membuat laporan hasil diskusi setiap kelompok.
-
Guru mengamati penerapan nilai-nilai Religius, Toleransi, kerjasama,
demokratis, percaya diri, tanggung jawab
pada diri siswa.
Konfirmasi
-
Kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
-
Kelompok membuat resume yang akan dijadikan bahan presentase kelompok di
depan kelas.
- KEGIATAN AKHIR.
-
Guru mengadakan reviiew untuk mengetahui sejauh mana daya serap siswa terhadap
materi yang baru disampaikan, melalui tanya jawab/lisan
-
Guru memberikan tugas akhir kepada siswa baik tugas individu maupun tugas
kelompok
- ALAT DAN SUMBER BELAJAR
-
Ruang kelas, alat tulis
-
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, Drs. Muhajir M.ed.Yudistira.
V. PENILAIAN
Penilan Diskusi meliputi
-
Religius
-
Toleransi
-
Kerja sama
-
Demokratis
-
Percaya diri
-
Tanggung jawab
-
fortofolio
No
|
Nama
|
Religius
|
Aspek yang dinilai
|
Fortofolio
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP. 131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 2
PERTEMUAN KE :
1, 2, 3 (PERMAINAN BOLA BESAR)
ALOKASI WAKTU :
6 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS : Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan : : :Olahraga dengan teknik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan bermain salah sattu permainan olahraga bola besar secara seerhana serta
nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.
INDIKATOR : Pertemuan
ke 1 (Sepak bola)
-
Kemampuan Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan
ataupun peertahanan dalam permainan sepak bola
-
Kemampuan mempraktikkan nilai-nilai pantang menyerah jujur dalam permainan
sepak bola.
Pertemuan ke 2 (bola
Voli)
-
Kemampuan menerapkan dasar-dasar strategi teknik penyerangan maupun
pertahanan dalam permainan bola volli
-
Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur dalam permainan
Pertemuan ke 3 Bola
Basket)
-
Kemampuan menerapkan dasar-dasar strategi dan teknik penyerangan maupun
pertahanan dalam permainan Bola basket
-
Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan
jujur.
I. Tujuan pembelajaran : Pertemuan ke 1
- Siswa mampu menerapkan teknik dan strategi dalam permainan sepak bola
dengan pola 4-4-2
-- Formasi pertahanan 5-3-2
Pertemuan ke 2
-
Siswa mampu menerapkan teknik dan strategi dalam permainan bola voli
Pertemuan ke 3
-
Siswa mampu menerapkan taktik dan strategi dalam permainan bola basket
dengan menggunakan pola penyerangan 1-2-2,
2-3 dan pertahanan 3-2.
2.
Materi Pembelajaran Pertemuan
ke 1
-
Taktik dan strategi pola pertahanan
Pertemuan
ke 2
-
Tatik dan strategi permainan bola voli
Petemuan ke 3
-
Taktik dan permainan bola basket pada pola pertahanan dan penyerangan
II. METHODE PEMBELAJARAN :
Demontrasi dan penugasan
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 1 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang permainan sepak bola
(khususnya pola penyerangan dan pertahanan).
-
Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-
Siswa bermain sepak bola (berkompetisi antar sesama
kelompok) sesuai dengan tugas dan pungsinya dengan praturan yang dimodifikasi.berdasarkan pada pola penyerangan
4-4-2.
-
Siswa secara berkelompok melakukan permainan sepak bola yang menekankan
tugas sesuai dengan posisinya berdasarkan pola pertahanan 5-3-2.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan
sepak bola Religius Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang permainan sepak bola
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang
permainan sepak bola.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 2 2 X 45 MENIT
P. Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
Q. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang permainan Bola Voli.
-
Siswa menyimak dan mempraktikkan sesuai dengan tugas dan
pungsinya.
Elaborasi
-
Siswa Bermain Bola Voli (Berkompetisi) antar kelompok
dengan praturan yang sesungguhn ya berdasarkan pola 4 SM- 2 SU. 4 4sm-1 SU da 1LB.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan
Bola voli Religius Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang permainan Bola voli
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang
permainan Bola voli
R. Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 3 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang permainan Bola Basket
-
Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-
Siswa menyimak dan mempraktikkan sesuai dengan tugas dan
pungsinya
Elaborasi
-
Siswa Bermain Bola
Basket berkompetisi) antar kelompok dengan praturan yang sesungguhn ya dengan menggunakan pola
penyerangan 1-2-2, 2-3, pola pertahanan 3-2
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan
Bola Basket Religius
Toleransi,
Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan
tanggung jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang permainan Bola Basket
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang
permainan Bola
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
BubarBasket
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Bola voli, bola sepak, Bola basket,
-
Buku panduan teknik dan strategi permainan sepak bola,,
bola voli dan bola basket. Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN
Penilan terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 2
PERTEMUAN KE : 2 (PERMAINAN BOLA KECIL)
ALOKASI WAKTU :
2 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS : Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan : : :Olahraga dengan teknik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan teknik bermain salahsattu permainan olahraga bola kecilr secara seerhana serta nilai kerja sama, kejujuran,
menghargai, semangat dan percaya diri.
INDIKATOR :
Pertemuan ke 4 (Soft ball)
-
Kemampuan menggunakan berbagai formasi, bentuk, strategi Penyerangan dan pertahanan dalam permainan soft
ball.
-
Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan
jujur.religius,
percaya diri. Menghargai orang lain,demokratis
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 4
-
Siswa dapat menggunakan formasi bentuk dan strategi penyerangan dan pertahanan dalam
permainan soft ball
-
Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan
jujur.religius, percaya
diri. Menghargai orangng lain,demokratis .
I. MATERI PEMBELAJARAN : Pertemuan ke 4
- Teknik dan strategi pola penyerangan
dan pertahanan dalam permainan soft ball.
II. METHODE PEMBELAJARAN :
Demontrasi dan penugasan
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 4 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Intieri
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang permainan soft ball
-
Memberi semangat dan menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Setiap kelompok menyimak dan menerapkannya.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok mempragakan permainan soft ball sesuai dengan tugas dan pungsinya dengan praturan yang
dimodifikasi.
-
Siswa secara berkelompok mempergakan permainan soft ball dengan pola
penyerangan didukung teknik individu maupun regu
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan soft ball: religius Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang permainan soft ball.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang
permainan soft ball.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Bola tennis, alat pemukul
-
Buku panduan teknik dan strategi permainan Soft ball,,. Dinas Olahraga DKI Jakarta
2000.
V. PENILAIAN
Penilan
terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP. 195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 2
PERTEMUAN KE :
5 ((atletik)
ALOKASI WAKTU :
2 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS : Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan Olahraga
dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama,
kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.
INDIKATOR :
Pertemuan ke 5
(lompat Tinggi)
-
Kemampuan melakukan teknik dalam nomor lompat tinggi gaya guling
perut (straedle)
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 5
-
Siswa mampu melakukan teknik lompat tinggi gaya guling perut (straedle)
I. MATERI PEMBELAJARAN Pertemuan 5
-
Nomor lompat tinggi gaya guling perut (Straedle)
II. METHODE PEMBELAJARAN :
Demontrasi dan penugasan
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 5 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang cabang olahraga atletik (khususnya lompat tinggi).
-
Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok melakukan latihan lari dan lari kijang untuk
meningkatkan daya ledak otot kaki tolak.
-
Siswa secara kelompok melakukan latihan awalan dengan langkah ganjil,
tolakan, gaya dan saat mendarat.
-
Siswa secara bergantian melakukan lompat tinggi gaya guling perut, dimulai
dari yang rendah bertahap ke yang lebih tinggi
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius, Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya
diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang lompat tinggi gaya guling perut (straedle).
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang Lompat tinggi.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Bola tennis, alat pemukul
-
Buku panduan teknik nomor lempar. Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN
Penilan
terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 2
PERTEMUAN KE :
7 (PENCAK SILAT)
ALOKASI WAKTU :
2 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS : Mempraktikkan
berbagai keterampilan permainan : : :Olahraga dengan teknik dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan teknik menyerang salah satu permainan olahraga bela diri serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai,
semangat dan percaya diri.
INDIKATOR :
Pertemuan ke 7
-
Kemampuan melakukan teknik penyerangan dengan menggunakan Kaki
-
Kemampuan melakukan teknik menghindar dari serangan lawan dengan
menggunakan Kaki
-
Kemampuan melakukan teknik geraklan serang hindar secara berpasangan.
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 7
-
Siswa mampu melakukan teknik gerakan penyerangan dengan kaki..
-
Siswa mampu melakukan teknik gerakan menghindar dari serangan lawan dengan
kaki
-
Siswa mampu melakukan teknik gerakan serang hindar secara berpasangan
I. MATERI PEMBELAJARAN : Pertemuan ke 4
- Teknik gerakan serang hindar dengan
kaki
II. METHODE PEMBELAJARAN :
Demontrasi dan penugasan
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 7 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang olahraga pencak silat
-
Memerikan motifasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Setiap kelompok menyimak dan menerapkannya.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok berlatih teknik gerakan tendangan sabit, tendangan
jejak dan tendangan belakang
-
Siswa secara berpasangan berlatih teknik gerakan tendangan dan teknik
menghindar.
-
memperhatikan
Penerapan Nilai-nilai : religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi
orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang olahraga bela diri.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang pencak silat.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan , pluit
-
Buku panduan teknik bela diri pencak silat . Dinas Olahraga DKI Jakarta
2000.
V. PENILAIAN
Penilan
terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 2
PERTEMUAN KE :
7,8, dan 9 (latihan kebugaaran Jasmani)
ALOKASI WAKTU :
6 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS Mempraktikkan aktifitas
pengembangan untuk men kebugaran jasmani dan cara pengukurannya serta
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan berbagai bentuk
latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani
serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.
INDIKATOR :
Pertemuan ke 7
-
Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan
-
Kemampuan melakukan bentuk latihan tenaga ledak
Pertemuan ke 8
-
Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kecepatan
-
Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan ototugaran
jasmani
Pertemuan ke 9
-
Kemampuan menerapkan dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani Yaitu :
-
Mengukur kelincahan
-
Mengukur kekuatan
-
Mengukur daya tahan
-
Mengukur kecepatan
-
Mengukur ketepatan
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 7
-
Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan
-
Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan tenaga ledak
Pertemuan Ke 8
-
Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kecepatan
-
Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan,.
Pertemuan ke 9
-
Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
-
Siswa mampu melakukan berbagai latihan daya tahan
I. MATERI PEMBELAJARAN Pertemuan ke 7
-
Kelincahan dan eksplosif power
Pertemuan ke 8
-
Kecepatan dan kekuatan otot
Pertemuan ke 9
-
Ketepatan dan daya tahan kerja jantung
II. METHODE PEMBELAJARAN :
Demontrasi dan penugasan
III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang Kelincahan dan eksplosip power.
-
Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk meningkatkan kelincahan dengan
lari bolak balik, lari zig zag dan lari membentuk angka delapan.
-
Siswa secara kelompok melakukan latihan naik turun tangga selama 5 sampai
8 menit untuk menimbulkan tenaga ledak
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis,
percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang kelincahan
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang Keb
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan ugaran jasmani
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 8 2 X 45 MENIT
S. Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
T. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang Kebugaran jasmani
-
Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
Elaborasi
-
Siswa melakukan latihan untuk meningkatkan kecepatan dengan berbagai cara
misalnya lari jarak pendek berkali-kali, lari naik turun tangga, atau bukit.
-
Siswa secara berkelompok melakukan
latihan kekuatan yaitu sit up, push up, back up dan squatrush.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan
Bola voli Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai
prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang kebugaran jasmani.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani
U. Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 10 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang kebugaran jasmani
-
Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-
Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk meningkatkan ketepatan dengan
cara melempar bola kelingkaran yang sudah dibuat.
-
Siswa secara berkelompok melakukan untuk meningkatkan daya tahan yaitu
dengan lari jarak menengah atau jauh.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang Kebugaran jasmani
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani.
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
BubarBasket
PERTEMUAN KE 9 2 X 45 MENIT
- Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang kebugaran jasmani
-
Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-
Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk mengukur kelincahan, ketepatan,
kekuatan,kecepatan dan kelenturan
-
Siswa secara .berkelompok membuat laporan hasil tes pengukuran kebugaran
jasmani
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang Kebugaran jasmani
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani.
-
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Stop wach
-
Buku panduan Erlangga 2007.
V. PENILAIAN
Penilan terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 2
PERTEMUAN KE :
12 dan 13 (Senam
ketrangkasan)
ALOKASI WAKTU :
4 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS Mempraktikkan
berbagai keterampilan senam
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan rangkaian
senam ketangksan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri kerja sama, kejujuran,
menghargai, semangat dan percaya diri.
INDIKATOR :
Pertemuan ke 12
-
Kemampuan melakukan senam lantai berguling ke depan dilanjutkan lenting
tengkukdiatas peti lompat.
Pertemuan ke 13
-
Kemampuan melakukan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat.
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 12 dan ke 13
-
Siswa dapat melakukan rangkaian senamberguling kedepan
-
Siswa dapat melakukan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat
II. MATERI PEMBELAJARAN Pertemuan
ke 12
-
Rangkaian senam lantai menggunakan alat
Pertemuan ke 13
-
Rangkaian senam tanpa alat
III. METHODE PEMBELAJARAN : Demontrasi dan penugasan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 12 2 X 45 MENIT
- Kegiatan awal - Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan
-
Pembagian kelompok
B.Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru memberikan penjelasan tentang senam ketangkasan
-
Siswa menyimak apa yang dijelaskan oleh guru
Elaborasi
-
Siswa secara bergantian melakukan latihan berguling ke depan dan kebelakang
dilanjutkan lenting kebelakang.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius, Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya
diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang senam ketangkasan
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam ketangkasan
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 13 2 X 45 MENIT
V. Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
W. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang senam ketangkasan
-
Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-
Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan guru
Elaborasi
-
Siswa secara bergantian melakuakan guling kedepan dan kebelakang tanpa
menggunakan alat
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, i Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang Senam ketangkasan.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam ketangkasan
X. Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Matras
-
Buku Pendidikan jasmani Agus mukolid
Yyudistira 2004
V. PENILAIAN
Penilan
terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 2
PERTEMUAN KE :
14 dan 15 (Aktifitas
ritmik)
ALOKASI WAKTU :
4 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENS Mempraktikkan aktifitas ritmik menggunakan alat
dengan koordinasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI
DASAR Mempraktikkan
keterampilan aktifitas
ritmik tanpa/dengan alat koordinasi gerak lanjut serta nilai kedisiplinan
konsentrasi dan keluwesan dan etika i.
INDIKATOR :
Pertemuan ke 14
-
Kemampuan melakukan rangkaian gerak aerobik secara berkelompok.
Pertemuan ke 15
-
Kemampuan merangkai senam aerobikdengan menggunakan alat sederhana
secara berkelompok
TUJUAN PEMBELAJARAN Pertemuan ke 14 dan ke 15
-
Siswa mampu merangkai gerkan senam aerobik secara berkelompok.
-
Siswa mampu merangkai gerakan senam aerobik dengan menggunakan alat secara
berkelompok.
II. MATERI PEMBELAJARAN Pertemuan
ke 14
-
Senam aerobik tanpa alatt
Pertemuan ke 1
-
Senam aerobik dengan alat
III. METHODE PEMBELAJARAN : Demontrasi dan penugasan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 14 2 X 45 MENIT
- Kegiatan awal - Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan
-
Pembagian kelompok
B.Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru memberikan penjelasan tentang senam aerobik
-
Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-
Siswa menyimak apa yang dijelaskan oleh guru
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok berlatih gerak lengan, langkah pada keterampilan
senam aerobik tanpa alat low impact aerobik dan high infact aerobik,
-
Siswa secara berkelompok merangkai gerakan senam aerobik tanpa alat yaitu
langkah kanan atau kiri dua langkah kanan atau kiri dan seterusnya.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius, Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya
diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang aerobik
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam aerobik
- Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
PERTEMUAN KE 15 2 X 45 MENIT
Y. Kegiatan Awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-
Pembagian kelompok
Z. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-
Guru Memberikan penjelasan tentang senam aerobic
-
Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-
Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan guru
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok berlatih gerak lengan, langkah pada keterampilan
senam aerobik dengan menggunakan alat.
-
Siswa secara berkelompok berlatih merangkai gerak senam aerobik menggunakan
alat.
-
Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, i Toleransi, Kerjasama,
Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung
jawab
Konfirmasi
-
Guru menginformasikan dan
evaluasi kegiatan tentang Senam aerobik
-
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam aerobik
Å. Kegiatan Akhir
-
melakukan penenangan
-
Berdo’a
-
Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-
Lapangan Matras
-
Buku Pendidikan jasmani Agus mukolid
Yyudistira 2004
V. PENILAIAN
Penilan
terdiri dari
1. Unjuk
kerja (Psikomotor) 50 %
2.
Prilaku dalam permainan 30 %
3.
Pengetahuan 20
%
No
|
Nama
|
Kwalitas Gerak
|
Prilaku dalam permainan
|
Pengetahuan
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
50 %
|
30 %
|
20 %
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN
JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XI / 1
PERTEMUAN KE :
16 Budaya hidup sehat
ALOKASI WAKTU :
2 X 45 MENIT
STANDARD
KOMPETENSI : Menerapkan
Budaya Hidup Sehat
Kompetensi dasar : Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
:
Menerapkan pola hidup sehat
Indikator :
Pertemuan ke 16
-
Mendefinisikan pengertian pemanfaatan waktu luang
untuk kesehatan
-
Mengklasifikasikan jenis kegiatan pemanfaatan waktu luang
untuk kesehatan
-
Menyusun daftar kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan
pola hidup sehat
-
Melakukan evaluasi mandiri terhadap rencana kegiatan
rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat.
-
Mengenakan pakaian dalam kondisi bersih dan rapih
-
Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan sehat
Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan Ke 16
-
Siswa dapat mendefinisikan pengertian pemanfaatan waktu luang untuk
kesehatan
-
Siswa dapat mengklasifikasikan jenis kegiatan pemanpaatan waktu luang untuk
kesehatan
-
Siswa dapat menyusun daftar kegiatan rutin selama 24 jamberdasarkan pola hidup
sehat
-
Siswa dapat melakukan evaluasi mandiri terhadap rencana kegiatan rutin
selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat
-
Siswa dibiasakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan sehat.
Materi pembelajaran :
Pertemuan ke 16
-
Pemanfaatan waktu luang untuk
kesehatan
-
Kegiatan waktu luang untuk kesehatan
-
Pola hidup sehat
Metode Pembelajaran :
Pertemuan ke 16
-
Diskusi kelompok dan Penugasan
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti : Pertemuan ke 16
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan tentang pola hidup sehat
-
Siswa membaca buku sumber
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk mencari informasi tentang pola
hidup sehat
-
Siswa secara berkelompok mendiskusikan pemanfaatan waktu luang
-
Siswa membuat laporan hasil diskusi setiap kelompok.
-
Guru mengamati penerapan nilai-nilai Religius, Toleransi, kerjasama,
demokratis, percaya diri, tanggung jawab
pada diri siswa.
Konfirmasi
-
Kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
-
Kelompok membuat resume yang akan dijadikan bahan presentase kelompok di
depan kelas.
- KEGIATAN AKHIR.
-
Guru mengadakan reviiew untuk mengetahui sejauh mana daya serap siswa
terhadap materi yang baru disampaikan, melalui tanya jawab/lisan
-
Guru memberikan tugas akhir kepada siswa baik tugas individu maupun tugas
kelompok
- ALAT DAN SUMBER BELAJAR
-
Ruang kelas, alat tulis
-
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, Drs. Muhajir M.ed.Yudistira.
V. PENILAIAN
Penilan Diskusi meliputi
-
Religius
-
Toleransi
-
Kerja sama
-
Demokratis
-
Percaya diri
-
Tanggung jawab
-
fortofolio
No
|
Nama
|
Religius
|
Aspek yang dinilai
|
Fortofolio
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI ORKES
K E L A S /
SEMESTER : XII / 1
PERTEMUAN KE :
ORGANISASI
PERTANDINGAN
ALOKASI WAKTU :
2 X 45 MENIT
STANDARD KOMPETENSI Menerapkan Peraturan
permainan, pertandingan dan sistem pertandingan
Kompetensi dasar Memahami peraturan permainan,
pertandingan, pembuatan bagan sistim gugur dan sistem kompetisi.
Indikator :
-
Mendefinisikan pengertian peraturan permainan dan
pertandingan
-
Mengklasifikasikan sistem pertandingan
-
Menyusun jadwal
pertandingan sistem gugur
-
Menyusun jadwal pertandingan sistem kompetisi
Tujuan Pembelajaran :
-
Siswa dapat mendefinisikan pengertian peraturan permainan dan pertandingan
-
Siswa dapat mengklasifikasikan sistem pertandingan
-
Siswa dapat menyusun jadwal pertandingan sistem gugur
-
Siswa dapat menyusun jadwal pertandingan sistem kompetisi
Materi pembelajaran :
Pertemuan ke 16
-
Peraturan permainan dan
pertandingan
-
Sistem pertandingan
-
Bagan sistem gugur
Metode Pembelajaran :
-
Diskusi kelompok dan Penugasan
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan awal
-
Berdoa
-
Mengabsen
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Pembagian kelompok
- Kegiatan Inti :
Eksplorasi
-
Guru menjelaskan tentang Organisasi pertandingan
-
Siswa menyimak
Elaborasi
-
Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk mencari informasi tentang
sistem pertandingan
-
Siswa secara berkelompok mendiskusikan pembuatan bagan sistem gugur dan
sistem kompetisi
-
Siswa membuat laporan hasil diskusi kelompok
-
Guru mengamati penerapan nilai-nilai Religius, Toleransi, kerjasama,
demokratis, percaya diri, tanggung jawab
pada diri siswa.
Konfirmasi
-
Kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
-
Kelompok membuat resume yang akan dijadikan bahan presentase kelompok di
depan kelas.
- KEGIATAN AKHIR.
-
Guru mengadakan reviiew untuk mengetahui sejauh mana daya serap siswa
terhadap materi yang baru disampaikan, melalui tanya jawab/lisan
-
Guru memberikan tugas akhir kepada siswa baik tugas individu maupun tugas
kelompok
- ALAT DAN SUMBER BELAJAR
-
Ruang kelas, alat tulis
-
Lap top, in focus papan tulis
V. PENILAIAN
Penilan Diskusi meliputi
-
Religius
-
Toleransi
-
Kerja sama
-
Demokratis
-
Percaya diri
-
Tanggung jawab
-
fortofolio
No
|
Nama
|
Religius
|
Aspek yang dinilai
|
Fortofolio
|
NILAI
|
|||||
Tol
|
Kerjas
|
Demok
|
PD
|
T.jawab
|
Jml
|
Rata
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Jakarta
Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. Uju Juhiwa, M.pd. Ahyadi,
S.pd.
NIP.
195909011985031014 NIP.
131 862 697
hebat dan mendetil
BalasHapus