Senin, 24 September 2012

RPP PENJAS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 1
PERTEMUAN KE                               : 1, 2, 3 (PERMAINAN BOLA BESAR)
ALOKASI WAKTU                             : 6 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   : Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan           : : :Olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salahsattu permainan   olahraga bola besar secara seerhana serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 1 (Sepak bola)
-          Kemampuan menggunakan formasi, bentuk, strategi pola penyerangan 4-2-4.
-          Kemampuan menggunakan berbagai formasi, bentuk dan strategi pola pertahanan 4-4-2
Pertemuan ke 2 (bola Voli)
-          Kemampuan menggunakan berbagai formasi bentuk dan strategi dalam permainan Bola Voli
-          Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah  dan jujur dalam permainan
Pertemuan ke 3 Bola Basket)
-          Kemampuan menggunakan berbagai formasi bentuk dan strategi dalam permainan bola basket
-          Kemampuan menerapkan strategi penyerangan
-          Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur.

TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 1
-          Siswa dapat menggunakan formasi bentuk dan strategi pola penyerangan 4-2-4.
-          Siswa dapat menggunakan berbagai formasi bentuk dan strategi pola pertahanan 4-4-2.
Pertemuan Ke  2 
-          Siswa dapat menggunakan berbagai formasi , bentuk dan strategi dalam permainan bola voli
-          Siswa mampu memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur.
Pertemuan ke 3
-          Siswa mampu menggunakan berbagai bentuk dan strategi.
-          Siswa mampu meneerapkan strategi penyerangan.
-          Siswa mampu memperlihatkan nilai pantang menyerah.

I. MATERI PEMBELAJARAN                        : Pertemuan ke 1
- Formasi permainan sepak bola  pola penyerangan W-M atau 4-2-4
-- Formasi pertahanan 4-4-2
Pertemuan ke 2
-          Formasi permainan bola voli
Pertemuan ke 3
-          Pengintegrasian Teknik dalm  permainan bola basket


II. METHODE PEMBELAJARAN       : Demontrasi dan penugasan






III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 1 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang permainan sepak bola (khususnya pola penyerangan dan pertahanan).
-          Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-          Siswa bermain sepak bola (berkompetisi antar sesama kelompok) sesuai dengan tugas dan pungsinya dengan praturan yang dimodifikasi.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan sepak bola Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang permainan sepak bola
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang permainan sepak bola.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar

PERTEMUAN KE 2 2 X 45 MENIT

A.     Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang permainan Bola Voli.
-          Siswa menyimak dan mempraktikkan sesuai dengan tugas dan pungsinya.
Elaborasi
-          Siswa Bermain Bola Voli (Berkompetisi) antar kelompok dengan praturan yang sesungguhn ya
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan Bola voli Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang permainan Bola voli
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang permainan Bola voli
C.     Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar

PERTEMUAN KE 3 2 X 45 MENIT

  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang permainan Bola Basket
-          Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-          Siswa menyimak dan mempraktikkan sesuai dengan tugas dan pungsinya

Elaborasi
-          Siswa Bermain Bola  Basket berkompetisi) antar kelompok dengan praturan yang sesungguhn ya
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan Bola Basket Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab

Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang permainan Bola Basket
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang permainan Bola
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          BubarBasket

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan Bola voli, bola sepak, Bola basket,
-          Buku panduan teknik dan strategi permainan sepak bola,, bola voli dan bola basket. Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN
 Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %                    

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 1
PERTEMUAN KE                               : 4  (PERMAINAN BOLA KECIL)
ALOKASI WAKTU                             : 6 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   : Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan           : : :Olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salahsattu permainan   olahraga bola kecilr secara seerhana serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 4 (Soft ball)
-          Kemampuan menggunakan berbagai formasi, bentuk, strategi dalam permainan soft ball.
-          Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur.religius, percaya diri. Menghargai orang lain,demokratis

TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 4
-          Siswa dapat menggunakan formasi bentuk dan strategi dalam permainan soft ball
-          Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur.religius, percaya diri. Menghargai orang lain,demokratis .

I. MATERI PEMBELAJARAN                        : Pertemuan ke 4
-  Formasi permainan soft ball

II. METHODE PEMBELAJARAN       : Demontrasi dan penugasan


III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 4 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang permainan soft ball .
-          Setiap kelompok menyimak dan menerapkannya.
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok mempragakan permainan soft ball  sesuai dengan tugas dan pungsinya dengan praturan yang dimodifikasi.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan soft ball: religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang permainan soft ball.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang permainan soft ball.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan  Bola tennis, alat pemukul
-          Buku panduan teknik dan strategi permainan Soft ball,,. Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN

Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %   

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 1
PERTEMUAN KE                               : 5 dan 6 ((atletik)
ALOKASI WAKTU                             : 6 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   : Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan           : : :Olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 5 (lompat Tinggi)
-          Kemampuan melakukan teknik dalam nomor lompat tinggi gaya guling perut (straedle)
Pertemuan ke 6 (Tolak peluru)
-          Kemampuan melakukan teknik tolak peluru gaya menyamping
TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 5 dan ke 6
-          Siswa mampu melakukan teknik lompat tinggi gaya guling perut (straedle)
-          Siswa mampu melakukan teknik tolak peluru gaya menyamping.
I. MATERI PEMBELAJARAN                        Pertemuan ke 5 dan ke 6
                                                            - Nomor lompat tinggi gaya guling perut (Straedle)
                                                            - Nomor tolak peluru gaya mennyamping.
II. METHODE PEMBELAJARAN       : Demontrasi dan penugasan

III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 5 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang cabang olahraga atletik (khususnya lompat tinggi).
-          Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok melakukan latihan lari dan lari kijang untuk meningkatkan daya ledak otot kaki tolak.
-          Siswa secara kelompok melakukan latihan awalan dengan langkah ganjil, tolakan, gaya dan saat mendarat.
-          Siswa secara bergantian melakukan lompat tinggi gaya guling perut, dimulai dari yang rendah bertahap ke yang lebih tinggi
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius,  Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang lompat tinggi gaya guling perut (straedle).
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang Lompat tinggi.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar
PERTEMUAN KE 6 2 X 45 MENIT

D.     Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
E.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang Atletik (khususnya tolak peluru)..
-          Siswa menyimak dan mempraktikkan sesuai dengan tugas dan pungsinya.
Elaborasi
-          Siswa secara kelompok melakukan gerakan pengenalan tolak peluru mulai dari cara memegang, latihan mendorong peluru keatas
-          Siswa sxecara bergantian melakukan gerakan tolak peluru gaya menyamping tanpa awalan.
-          Siswa melakukan gerakan tolak peluru gaya menyamping dengan awalan.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, i Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang Tolak peluru.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang Tolak peluru
F.      Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan  Bola tennis, alat pemukul
-          Buku panduan teknik nomor lempar. Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN

Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %   

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 1
PERTEMUAN KE                               : 7 (PENCAK SILAT)
ALOKASI WAKTU                             : 2 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   : Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan           : : :Olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan teknik menyerang salah satu permainan olahraga bela diri  serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 7
-          Kemampuan melakukan teknik penyerangan dengan menggunakan tangan
-          Kemampuan melakukan teknik menghindar dari serangan lawan dengan menggunakan tangan.
-          Kemampuan melakukan teknik geraklan serang hindar secara berpasangan.

TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 7
-          Siswa mampu melakukan teknik gerakan penyerangan dengan tangan.
-          Siswa mampu melakukan teknik gerakan menghindar dari serangan lawan dengan tangan.
-          Siswa mampu melakukan teknik gerakan serang hindar secara berpasangan
I. MATERI PEMBELAJARAN                        : Pertemuan ke 4
-  Teknik gerakan serang hindar dengan tangan.

II. METHODE PEMBELAJARAN       : Demontrasi dan penugasan


III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 7 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang olahraga pencak silat
-          Setiap kelompok menyimak dan menerapkannya.
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok berlatih teknik gerakan pukulan menggunakan kepalan, telapak tangan dan sikut
-          Siswa secara berpasangan berlatih teknik gerakan pukulan dan teknik menghindar menggunakan tangan yaitu pukulan lurus, pukulan sengkol / bandul serta pukulan lingkar
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai : religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang olahraga bela diri.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang pencak silat.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan , pluit
-          Buku panduan teknik bela diri pencak silat . Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN

Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %   

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 1
PERTEMUAN KE                               :  8, 9, 10 dan 11 (latihan kebugaaran Jasmani)
ALOKASI WAKTU                             : 8  X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   Mempraktikkan aktifitas pengembangan untuk men kebugaran jasmani dan cara pengukurannya serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 8
-          Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan
-          Kemampuan melakukan bentuk latihan tenaga ledak
Pertemuan ke 9
-          Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kecepatan
-          Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan ototugaran jasmani
Pertemuan ke 10
-          Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
-          Kemampuan melakukan berbagai bentuk lat ihan daya tahan
Pertemuan ke 11
-          Kemampuan menerapkan dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani Yaitu :
-          Mengukur kelincahan
-          Mengukur kekuatan
-          Mengukur daya tahan
-          Mengukur kecepatan
-          Mengukur ketepatan
TUJUAN PEMBELAJARAN               Pertemuan ke 8
-          Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan
-          Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan tenaga ledak
Pertemuan Ke 9   
-          Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kecepatan
-          Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan,.
Pertemuan ke 10
-          Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
-          Siswa mampu melakukan berbagai latihan daya tahan
Pertemuan ke 11
-          Siswa dapat menerapkan konsep dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani.

I. MATERI PEMBELAJARAN                        Pertemuan ke 8
-          Kelincahan dan eksplosif power
Pertemuan ke  9
-          Kecepatan dan kekuatan otot
Pertemuan ke 10
-          Ketepatan dan daya tahan kerja jantung
Pertemuan ke 11
-          Test dan pengukuran kesegaran jasmani


II. METHODE PEMBELAJARAN       : Demontrasi dan penugasan





III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 8 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang Kelincahan dan eksplosip power.
-          Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk meningkatkan kelincahan dengan lari bolak balik, lari zig zag dan lari membentuk angka delapan.
-          Siswa secara kelompok melakukan latihan naik turun tangga selama 5 sampai 8  menit untuk menimbulkan tenaga ledak
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang kelincahan
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang  Keb
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan ugaran jasmani
-          Berdo’a
-          Bubar

PERTEMUAN KE 9 2 X 45 MENIT

G.     Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
H.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang Kebugaran jasmani
-          Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
Elaborasi
-          Siswa melakukan latihan untuk meningkatkan kecepatan dengan berbagai cara misalnya lari jarak pendek berkali-kali, lari naik turun tangga, atau bukit.
-          Siswa secara berkelompok  melakukan latihan kekuatan yaitu sit up, push up, back up dan squatrush.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan Bola voli Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang kebugaran jasmani.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani
I.        Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar

PERTEMUAN KE 10 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang kebugaran jasmani
-          Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-          Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk meningkatkan ketepatan dengan cara melempar bola kelingkaran yang sudah dibuat.
-          Siswa secara berkelompok melakukan untuk meningkatkan daya tahan yaitu dengan lari jarak menengah atau jauh.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang Kebugaran jasmani
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          BubarBasket

PERTEMUAN KE 11 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang kebugaran jasmani
-          Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-          Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.

Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk mengukur kelincahan, ketepatan, kekuatan,kecepatan dan kelenturan
-          Siswa secara .berkelompok membuat laporan hasil tes pengukuran kebugaran jasmani
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab


Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang Kebugaran jasmani
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar


IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan Stop wach
-          Buku panduan Erlangga 2007.
V. PENILAIAN
 Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %                    

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 1
PERTEMUAN KE                               : 12 dan 13 (Senam ketrangkasan)
ALOKASI WAKTU                             : 4 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   Mempraktikkan berbagai keterampilan senam dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangksan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 12
-          Kemampuan melakukan senam lantai berguling ke depan dilanjutkan lenting tengkukdiatas peti lompat.
Pertemuan ke 13
-          Kemampuan melakukan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat.
TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 12 dan ke 13
-          Siswa dapat melakukan rangkaian senamberguling kedepan
-          Siswa dapat melakukan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat
II. MATERI PEMBELAJARAN                       Pertemuan ke 12
-          Rangkaian senam lantai menggunakan alat
Pertemuan ke  13
-          Rangkaian senam tanpa alat

III. METHODE PEMBELAJARAN      : Demontrasi dan penugasan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 12 2 X 45 MENIT

  1. Kegiatan awal                          -           Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan
-          Pembagian kelompok
                                               
B.Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru memberikan penjelasan tentang senam ketangkasan
-          Siswa menyimak apa yang dijelaskan oleh guru
Elaborasi
-          Siswa secara bergantian melakukan latihan berguling ke depan dan kebelakang dilanjutkan lenting kebelakang.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius,  Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang senam ketangkasan
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam ketangkasan
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar


PERTEMUAN KE 13  2 X 45 MENIT

J.       Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
K.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang senam ketangkasan
-          Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-          Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan guru
Elaborasi
-          Siswa secara bergantian melakuakan guling kedepan dan kebelakang tanpa menggunakan alat
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, i Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang Senam ketangkasan.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam ketangkasan
L.      Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan  Matras
-          Buku Pendidikan jasmani Agus mukolid  Yyudistira 2004
V. PENILAIAN

Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %   

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 1
PERTEMUAN KE                               : 14 dan 15 (Aktifitas ritmik)
ALOKASI WAKTU                             : 4 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   Mempraktikkan aktifitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan aktifitas ritmik tanpa/dengan alat koordinasi gerak lanjut serta nilai kedisiplinan konsentrasi dan keluwesan dan etika i.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 14
-          Kemampuan melakukan rangkaian gerak aerobik secara berkelompok.
Pertemuan ke 15
-          Kemampuan merangkai senam aerobikdengan menggunakan alat sederhana secara berkelompok
TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 14 dan ke 15
-          Siswa mampu merangkai gerkan senam aerobik secara berkelompok.
-          Siswa mampu merangkai gerakan senam aerobik dengan menggunakan alat secara berkelompok.
II. MATERI PEMBELAJARAN           Pertemuan ke 14
-          Senam aerobik tanpa alatt
Pertemuan ke  1
-          Senam aerobik dengan alat
III. METHODE PEMBELAJARAN      : Demontrasi dan penugasan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 14 2 X 45 MENIT

  1. Kegiatan awal                          -           Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan
-          Pembagian kelompok                               
B.Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru memberikan penjelasan tentang senam aerobik
-          Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-          Siswa menyimak apa yang dijelaskan oleh guru
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok berlatih gerak lengan, langkah pada keterampilan senam aerobik tanpa alat low impact aerobik dan high infact aerobik,
-          Siswa secara berkelompok merangkai gerakan senam aerobik tanpa alat yaitu langkah kanan atau kiri dua langkah kanan atau kiri dan seterusnya.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius,  Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang aerobik
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam aerobik
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar
PERTEMUAN KE 15  2 X 45 MENIT

M.    Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
N.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang senam aerobic
-          Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-          Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan guru
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok berlatih gerak lengan, langkah pada keterampilan senam aerobik dengan menggunakan alat.
-          Siswa secara berkelompok berlatih merangkai gerak senam aerobik menggunakan alat.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, i Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang Senam aerobik
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam aerobik
O.     Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan  Matras
-          Buku Pendidikan jasmani Agus mukolid  Yyudistira 2004
V. PENILAIAN

Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %   

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 1
PERTEMUAN KE                               : 16 (HIV/AIDS)
ALOKASI WAKTU                             : 2 X 45 MENIT

STANDARD KOMPETENSI               : Menerapkan Budaya Hidup Sehat
Kompetensi dasar                                : Memahami bahaya HIV/AIDS
                                                              Memahami cara penularannya
                                                              Memahami cara menghindari penularannya
Indikator                                              : Pertemuan ke 16
-          Kemampuan mendefenisikan pengertian HIV/AIDS
-          Kemampuan mengidentifikasi bahaya yang diakibatkan oleh penularan virus HIV/AIDS.
-          Kemampuan mengklarifikasikan faktor-faktor penyebab penularan HIV/AIDS.
-          Mampu menjelaskan cara penulaaranHIV/AIDS
-          Siswa mampu mengidentifikasi cara menghindari penularan HIV/AIDS.
  1. Tujuan Pembelajaran               : Pertemuan Ke 16
-          Siswa dapat mendefinisikan pengertian HIV/AID
-          Siswa dapat mengidentifikasikan bahaya yang diakibatkan oleh penularan Virus HIV/AIDS.
-          Siswa mampu mengklarifikasikan faktor-faktor penyebab penularan HIV/AIDS.
-          Siswa mampu menjelaskan cara penularan HIV/AIDS.
-          Siswa mampu mengidentifikasikan cara-cara menghindari penularan HIV/AIDS.
  1. Materi pembelajaran                : Pertemuan ke 16
-          Bahaya HIV/AIDS
-          Cara penularan HIV/AIDS
-          Cara Menghindari HIV/AIDS
  1. Metode Pembelajaran              : Pertemuan ke 16
-          Diskusi kelompok dan Penugasan

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
  1. Kegiatan awal                         
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti                            : Pertemuan ke 16
Eksplorasi                                           
-          Guru menjelaskan tentang HIV/AIDS
-          Siswa membaca buku sumber
Elaborasi                                 
-          Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk mencari informasi tentang HIV/AIDS
-          Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang bahaya yang diakibatkan karena HIV/AIDS.
-          Siswa membuat laporan hasil diskusi setiap kelompok.
-          Guru mengamati penerapan nilai-nilai Religius, Toleransi, kerjasama, demokratis, percaya diri, tanggung  jawab pada diri siswa.
Konfirmasi
-          Kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
-          Kelompok membuat resume yang akan dijadikan bahan presentase kelompok di depan kelas.
  1. KEGIATAN AKHIR.
-          Guru mengadakan reviiew untuk mengetahui sejauh mana daya serap siswa terhadap materi yang baru disampaikan, melalui tanya jawab/lisan
-          Guru memberikan tugas akhir kepada siswa baik tugas individu maupun tugas kelompok
  1. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
-          Ruang kelas, alat tulis
-          Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, Drs. Muhajir M.ed.Yudistira.

V. PENILAIAN
 Penilan Diskusi meliputi
-          Religius
-          Toleransi
-          Kerja sama
-          Demokratis
-          Percaya diri
-          Tanggung jawab
-          fortofolio
                           

No
Nama
Religius
Aspek yang dinilai
Fortofolio
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %



Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 2
PERTEMUAN KE                               : 1, 2, 3 (PERMAINAN BOLA BESAR)
ALOKASI WAKTU                             : 6 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   : Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan           : : :Olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan  bermain salah sattu permainan   olahraga bola besar secara seerhana serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 1 (Sepak bola)
-          Kemampuan Menerapkan dasar-dasar strategi dan taktik penyerangan ataupun peertahanan dalam permainan sepak bola
-          Kemampuan mempraktikkan nilai-nilai pantang menyerah jujur dalam permainan sepak bola.
Pertemuan ke 2 (bola Voli)
-          Kemampuan menerapkan dasar-dasar strategi teknik penyerangan maupun pertahanan dalam permainan bola volli
-          Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah  dan jujur dalam permainan
Pertemuan ke 3 Bola Basket)
-          Kemampuan menerapkan dasar-dasar strategi dan teknik penyerangan maupun pertahanan dalam permainan Bola basket
-          Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur.

I. Tujuan pembelajaran                                    : Pertemuan ke 1
- Siswa mampu menerapkan teknik dan strategi dalam permainan sepak bola dengan pola 4-4-2
-- Formasi pertahanan 5-3-2
Pertemuan ke 2
-          Siswa mampu menerapkan teknik dan strategi dalam permainan bola voli
Pertemuan ke 3
-          Siswa mampu menerapkan taktik dan strategi dalam permainan bola basket dengan menggunakan pola penyerangan 1-2-2,  2-3 dan pertahanan 3-2.
2. Materi Pembelajaran                                    Pertemuan ke 1
                                                            - Taktik dan strategi pola pertahanan
                                                            Pertemuan ke 2
-          Tatik dan strategi permainan bola voli
Petemuan ke 3
-          Taktik dan permainan bola basket pada pola pertahanan dan penyerangan

II. METHODE PEMBELAJARAN       : Demontrasi dan penugasan











III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 1 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang permainan sepak bola (khususnya pola penyerangan dan pertahanan).
-          Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-          Siswa bermain sepak bola (berkompetisi antar sesama kelompok) sesuai dengan tugas dan pungsinya dengan praturan yang dimodifikasi.berdasarkan pada pola penyerangan 4-4-2.
-          Siswa secara berkelompok melakukan permainan sepak bola yang menekankan tugas sesuai dengan posisinya berdasarkan pola pertahanan 5-3-2.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan sepak bola Religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang permainan sepak bola
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang permainan sepak bola.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar

PERTEMUAN KE 2 2 X 45 MENIT

P.      Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
Q.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang permainan Bola Voli.
-          Siswa menyimak dan mempraktikkan sesuai dengan tugas dan pungsinya.
Elaborasi
-          Siswa Bermain Bola Voli (Berkompetisi) antar kelompok dengan praturan yang sesungguhn ya berdasarkan pola 4 SM- 2 SU. 4 4sm-1 SU da 1LB.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan Bola voli Religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang permainan Bola voli
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang permainan Bola voli

R.     Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar

PERTEMUAN KE 3 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang permainan Bola Basket
-          Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-          Siswa menyimak dan mempraktikkan sesuai dengan tugas dan pungsinya

Elaborasi
-          Siswa Bermain Bola  Basket berkompetisi) antar kelompok dengan praturan yang sesungguhn ya dengan menggunakan pola penyerangan 1-2-2,   2-3,   pola pertahanan 3-2
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan Bola Basket Religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab

Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang permainan Bola Basket
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang permainan Bola
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          BubarBasket

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan Bola voli, bola sepak, Bola basket,
-          Buku panduan teknik dan strategi permainan sepak bola,, bola voli dan bola basket. Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN
 Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %                    

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %



Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 2
PERTEMUAN KE                               : 2  (PERMAINAN BOLA KECIL)
ALOKASI WAKTU                             : 2 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   : Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan           : : :Olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salahsattu permainan   olahraga bola kecilr secara seerhana serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 4 (Soft ball)
-          Kemampuan menggunakan berbagai formasi, bentuk, strategi Penyerangan dan pertahanan dalam permainan soft ball.
-          Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur.religius, percaya diri. Menghargai orang lain,demokratis

TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 4
-          Siswa dapat menggunakan formasi bentuk dan strategi penyerangan dan pertahanan dalam permainan soft ball
-          Kemampuan memperlihatkan nilai pantang menyerah dan jujur.religius, percaya diri. Menghargai orangng lain,demokratis .

I. MATERI PEMBELAJARAN                        : Pertemuan ke 4
-  Teknik dan strategi pola penyerangan dan pertahanan dalam permainan soft ball.

II. METHODE PEMBELAJARAN       : Demontrasi dan penugasan


III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 4 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Intieri
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang permainan soft ball
-          Memberi semangat dan menyampaikan tujuan pembelajaran
-          Setiap kelompok menyimak dan menerapkannya.
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok mempragakan permainan soft ball  sesuai dengan tugas dan pungsinya dengan praturan yang dimodifikasi.
-          Siswa secara berkelompok mempergakan permainan soft ball dengan pola penyerangan didukung teknik individu maupun regu
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan soft ball: religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang permainan soft ball.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang permainan soft ball.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan  Bola tennis, alat pemukul
-          Buku panduan teknik dan strategi permainan Soft ball,,. Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN

Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %   

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 2
PERTEMUAN KE                               : 5  ((atletik)
ALOKASI WAKTU                             :  2 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   : Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan    Olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 5 (lompat Tinggi)
-          Kemampuan melakukan teknik dalam nomor lompat tinggi gaya guling perut (straedle)
TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 5
-          Siswa mampu melakukan teknik lompat tinggi gaya guling perut (straedle)
I. MATERI PEMBELAJARAN                        Pertemuan 5
                                                            - Nomor lompat tinggi gaya guling perut (Straedle)
II. METHODE PEMBELAJARAN       : Demontrasi dan penugasan

III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE 5 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang cabang olahraga atletik (khususnya lompat tinggi).
-          Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok melakukan latihan lari dan lari kijang untuk meningkatkan daya ledak otot kaki tolak.
-          Siswa secara kelompok melakukan latihan awalan dengan langkah ganjil, tolakan, gaya dan saat mendarat.
-          Siswa secara bergantian melakukan lompat tinggi gaya guling perut, dimulai dari yang rendah bertahap ke yang lebih tinggi
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius,  Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang lompat tinggi gaya guling perut (straedle).
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang Lompat tinggi.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan  Bola tennis, alat pemukul
-          Buku panduan teknik nomor lempar. Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN

Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %   

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 2
PERTEMUAN KE                               : 7 (PENCAK SILAT)
ALOKASI WAKTU                             : 2 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   : Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan           : : :Olahraga dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan teknik menyerang salah satu permainan olahraga bela diri  serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 7
-          Kemampuan melakukan teknik penyerangan dengan menggunakan Kaki
-          Kemampuan melakukan teknik menghindar dari serangan lawan dengan menggunakan Kaki
-          Kemampuan melakukan teknik geraklan serang hindar secara berpasangan.

TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 7
-          Siswa mampu melakukan teknik gerakan penyerangan dengan kaki..
-          Siswa mampu melakukan teknik gerakan menghindar dari serangan lawan dengan kaki
-          Siswa mampu melakukan teknik gerakan serang hindar secara berpasangan
I. MATERI PEMBELAJARAN                        : Pertemuan ke 4
-  Teknik gerakan serang hindar dengan kaki

II. METHODE PEMBELAJARAN       : Demontrasi dan penugasan


III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 7 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang olahraga pencak silat
-          Memerikan motifasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
-          Setiap kelompok menyimak dan menerapkannya.
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok berlatih teknik gerakan tendangan sabit, tendangan jejak dan tendangan belakang
-          Siswa secara berpasangan berlatih teknik gerakan tendangan dan teknik menghindar.
-           memperhatikan Penerapan Nilai-nilai : religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang olahraga bela diri.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang pencak silat.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar

IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan , pluit
-          Buku panduan teknik bela diri pencak silat . Dinas Olahraga DKI Jakarta 2000.
V. PENILAIAN

Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %   

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 2
PERTEMUAN KE                               :  7,8,  dan 9  (latihan kebugaaran Jasmani)
ALOKASI WAKTU                             : 6  X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   Mempraktikkan aktifitas pengembangan untuk men kebugaran jasmani dan cara pengukurannya serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 7
-          Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan
-          Kemampuan melakukan bentuk latihan tenaga ledak
Pertemuan ke 8
-          Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kecepatan
-          Kemampuan melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan ototugaran jasmani
Pertemuan ke 9
-          Kemampuan menerapkan dasar tes dan pengukuran kebugaran jasmani Yaitu :
-          Mengukur kelincahan
-          Mengukur kekuatan
-          Mengukur daya tahan
-          Mengukur kecepatan
-          Mengukur ketepatan
TUJUAN PEMBELAJARAN               Pertemuan ke 7
-          Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kelincahan
-          Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan tenaga ledak
Pertemuan Ke 8   
-          Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kecepatan
-          Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan,.
Pertemuan ke 9
-          Siswa mampu melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan
-          Siswa mampu melakukan berbagai latihan daya tahan
I. MATERI PEMBELAJARAN                        Pertemuan ke 7
-          Kelincahan dan eksplosif power
Pertemuan ke  8
-          Kecepatan dan kekuatan otot
Pertemuan ke 9
-          Ketepatan dan daya tahan kerja jantung

II. METHODE PEMBELAJARAN       : Demontrasi dan penugasan













III. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE  2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang Kelincahan dan eksplosip power.
-          Setiap kelompok menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk meningkatkan kelincahan dengan lari bolak balik, lari zig zag dan lari membentuk angka delapan.
-          Siswa secara kelompok melakukan latihan naik turun tangga selama 5 sampai 8  menit untuk menimbulkan tenaga ledak
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang kelincahan
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang  Keb
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan ugaran jasmani
-          Berdo’a
-          Bubar

PERTEMUAN KE 8 2 X 45 MENIT
S.      Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
T.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang Kebugaran jasmani
-          Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru
Elaborasi
-          Siswa melakukan latihan untuk meningkatkan kecepatan dengan berbagai cara misalnya lari jarak pendek berkali-kali, lari naik turun tangga, atau bukit.
-          Siswa secara berkelompok  melakukan latihan kekuatan yaitu sit up, push up, back up dan squatrush.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai pada permainan Bola voli Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang kebugaran jasmani.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani
U.     Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar

PERTEMUAN KE 10 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang kebugaran jasmani
-          Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-          Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk meningkatkan ketepatan dengan cara melempar bola kelingkaran yang sudah dibuat.
-          Siswa secara berkelompok melakukan untuk meningkatkan daya tahan yaitu dengan lari jarak menengah atau jauh.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang Kebugaran jasmani
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani.
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          BubarBasket

PERTEMUAN KE 9 2 X 45 MENIT
  1. Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang kebugaran jasmani
-          Memotifasi siswa dan menjelaskan ttujuan pembelajaran.
-          Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.

Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok melakukan latihan untuk mengukur kelincahan, ketepatan, kekuatan,kecepatan dan kelenturan
-          Siswa secara .berkelompok membuat laporan hasil tes pengukuran kebugaran jasmani
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang Kebugaran jasmani
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang kebugaran jasmani.
-           
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar


IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan Stop wach
-          Buku panduan Erlangga 2007.
V. PENILAIAN
 Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %                    

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 2
PERTEMUAN KE                               : 12 dan 13 (Senam ketrangkasan)
ALOKASI WAKTU                             : 4 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   Mempraktikkan berbagai keterampilan senam dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangksan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 12
-          Kemampuan melakukan senam lantai berguling ke depan dilanjutkan lenting tengkukdiatas peti lompat.
Pertemuan ke 13
-          Kemampuan melakukan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat.
TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 12 dan ke 13
-          Siswa dapat melakukan rangkaian senamberguling kedepan
-          Siswa dapat melakukan rangkaian senam lantai tanpa menggunakan alat
II. MATERI PEMBELAJARAN                       Pertemuan ke 12
-          Rangkaian senam lantai menggunakan alat
Pertemuan ke  13
-          Rangkaian senam tanpa alat

III. METHODE PEMBELAJARAN      : Demontrasi dan penugasan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 12 2 X 45 MENIT

  1. Kegiatan awal                          -           Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan
-          Pembagian kelompok
                                               
B.Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru memberikan penjelasan tentang senam ketangkasan
-          Siswa menyimak apa yang dijelaskan oleh guru
Elaborasi
-          Siswa secara bergantian melakukan latihan berguling ke depan dan kebelakang dilanjutkan lenting kebelakang.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius,  Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang senam ketangkasan
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam ketangkasan
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar





PERTEMUAN KE 13  2 X 45 MENIT

V.     Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
W.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang senam ketangkasan
-          Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-          Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan guru
Elaborasi
-          Siswa secara bergantian melakuakan guling kedepan dan kebelakang tanpa menggunakan alat
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, i Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang Senam ketangkasan.
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam ketangkasan
X.     Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan  Matras
-          Buku Pendidikan jasmani Agus mukolid  Yyudistira 2004
V. PENILAIAN

Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %   

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 2
PERTEMUAN KE                               : 14 dan 15 (Aktifitas ritmik)
ALOKASI WAKTU                             : 4 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENS                   Mempraktikkan aktifitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KOMPETENSI DASAR                       Mempraktikkan keterampilan aktifitas ritmik tanpa/dengan alat koordinasi gerak lanjut serta nilai kedisiplinan konsentrasi dan keluwesan dan etika i.

INDIKATOR                                       : Pertemuan ke 14
-          Kemampuan melakukan rangkaian gerak aerobik secara berkelompok.
Pertemuan ke 15
-          Kemampuan merangkai senam aerobikdengan menggunakan alat sederhana secara berkelompok
TUJUAN PEMBELAJARAN   Pertemuan ke 14 dan ke 15
-          Siswa mampu merangkai gerkan senam aerobik secara berkelompok.
-          Siswa mampu merangkai gerakan senam aerobik dengan menggunakan alat secara berkelompok.
II. MATERI PEMBELAJARAN           Pertemuan ke 14
-          Senam aerobik tanpa alatt
Pertemuan ke  1
-          Senam aerobik dengan alat
III. METHODE PEMBELAJARAN      : Demontrasi dan penugasan
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 14 2 X 45 MENIT

  1. Kegiatan awal                          -           Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan
-          Pembagian kelompok                               
B.Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru memberikan penjelasan tentang senam aerobik
-          Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-          Siswa menyimak apa yang dijelaskan oleh guru
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok berlatih gerak lengan, langkah pada keterampilan senam aerobik tanpa alat low impact aerobik dan high infact aerobik,
-          Siswa secara berkelompok merangkai gerakan senam aerobik tanpa alat yaitu langkah kanan atau kiri dua langkah kanan atau kiri dan seterusnya.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai religius,  Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri, jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab.
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang aerobik
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam aerobik
  1. Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar




PERTEMUAN KE 15  2 X 45 MENIT

Y.     Kegiatan Awal
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Melakukan pemanasan dan peregangan secukupnya.
-          Pembagian kelompok
Z.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Guru Memberikan penjelasan tentang senam aerobic
-          Guru memberikan semangat dan tujuan pembelajaran
-          Siswa menyimak penjelasan yang disampaikan guru
Elaborasi
-          Siswa secara berkelompok berlatih gerak lengan, langkah pada keterampilan senam aerobik dengan menggunakan alat.
-          Siswa secara berkelompok berlatih merangkai gerak senam aerobik menggunakan alat.
-          Guru memperhatikan Penerapan Nilai-nilai Religius, i Toleransi, Kerjasama, Demokratis, percaya diri,jujur, menghargai prestasi orang lain dan tanggung jawab
Konfirmasi
-          Guru menginformasikan dan  evaluasi kegiatan tentang Senam aerobik
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang senam aerobik
Å.     Kegiatan Akhir
-          melakukan penenangan
-          Berdo’a
-          Bubar
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR :
-          Lapangan  Matras
-          Buku Pendidikan jasmani Agus mukolid  Yyudistira 2004
V. PENILAIAN

Penilan terdiri dari
1. Unjuk kerja (Psikomotor)    50 %
2. Prilaku dalam permainan     30 %
3. Pengetahuan                                    20 %   

No
Nama
Kwalitas Gerak
Prilaku dalam permainan
Pengetahuan
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata













50 %
30 %
20 %


           

Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XI / 1
PERTEMUAN KE                               : 16  Budaya hidup sehat
ALOKASI WAKTU                             : 2 X 45 MENIT

STANDARD KOMPETENSI               : Menerapkan Budaya Hidup Sehat
Kompetensi dasar                                  : Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
                                                              : Menerapkan pola hidup sehat

Indikator                                              : Pertemuan ke 16
-          Mendefinisikan pengertian pemanfaatan waktu luang untuk  kesehatan
-          Mengklasifikasikan jenis kegiatan pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
-          Menyusun daftar kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat
-          Melakukan evaluasi mandiri terhadap rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat.
-          Mengenakan pakaian dalam kondisi bersih dan rapih
-          Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan sehat
Tujuan Pembelajaran               : Pertemuan Ke 16
-          Siswa dapat mendefinisikan pengertian pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
-          Siswa dapat mengklasifikasikan jenis kegiatan pemanpaatan waktu luang untuk kesehatan
-          Siswa dapat menyusun daftar kegiatan rutin selama 24 jamberdasarkan pola hidup sehat
-          Siswa dapat melakukan evaluasi mandiri terhadap rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat
-          Siswa dibiasakan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan sehat.
Materi pembelajaran                : Pertemuan ke 16
-          Pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan
-          Kegiatan waktu luang untuk kesehatan
-          Pola hidup sehat

Metode Pembelajaran              : Pertemuan ke 16
-          Diskusi kelompok dan Penugasan

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
  1. Kegiatan awal                         
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti                            : Pertemuan ke 16
Eksplorasi                                           
-          Guru menjelaskan tentang pola hidup sehat
-          Siswa membaca buku sumber
Elaborasi                                 
-          Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk mencari informasi tentang pola hidup sehat
-          Siswa secara berkelompok mendiskusikan pemanfaatan waktu luang
-          Siswa membuat laporan hasil diskusi setiap kelompok.
-          Guru mengamati penerapan nilai-nilai Religius, Toleransi, kerjasama, demokratis, percaya diri, tanggung  jawab pada diri siswa.
Konfirmasi
-          Kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
-          Kelompok membuat resume yang akan dijadikan bahan presentase kelompok di depan kelas.
  1. KEGIATAN AKHIR.
-          Guru mengadakan reviiew untuk mengetahui sejauh mana daya serap siswa terhadap materi yang baru disampaikan, melalui tanya jawab/lisan
-          Guru memberikan tugas akhir kepada siswa baik tugas individu maupun tugas kelompok
  1. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
-          Ruang kelas, alat tulis
-          Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, Drs. Muhajir M.ed.Yudistira.

V. PENILAIAN
 Penilan Diskusi meliputi
-          Religius
-          Toleransi
-          Kerja sama
-          Demokratis
-          Percaya diri
-          Tanggung jawab
-          fortofolio
                           

No
Nama
Religius
Aspek yang dinilai
Fortofolio
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata











Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH                              : SMK NEGERI 42 JAKARTA
MATA PELAJARAN                           : PENDIDIKAN JASMANI  ORKES
K E L A S / SEMESTER                      : XII / 1
PERTEMUAN KE                               : ORGANISASI PERTANDINGAN
ALOKASI WAKTU                             : 2 X 45 MENIT

STANDARD KOMPETENSI                 Menerapkan Peraturan permainan, pertandingan dan sistem pertandingan
Kompetensi dasar                                  Memahami peraturan permainan, pertandingan, pembuatan bagan sistim gugur dan sistem kompetisi.

Indikator                                              :
-          Mendefinisikan pengertian peraturan permainan dan pertandingan 
-          Mengklasifikasikan sistem pertandingan
-          Menyusun  jadwal pertandingan sistem gugur
-          Menyusun jadwal pertandingan sistem kompetisi

Tujuan Pembelajaran               :
-          Siswa dapat mendefinisikan pengertian peraturan permainan  dan pertandingan
-          Siswa dapat mengklasifikasikan  sistem pertandingan
-          Siswa dapat menyusun jadwal pertandingan sistem gugur
-          Siswa dapat menyusun jadwal pertandingan sistem kompetisi
Materi pembelajaran                : Pertemuan ke 16
-          Peraturan permainan dan pertandingan
-          Sistem pertandingan
-          Bagan sistem gugur

Metode Pembelajaran              :
-          Diskusi kelompok dan Penugasan

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
  1. Kegiatan awal                         
-          Berdoa
-          Mengabsen
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-          Pembagian kelompok
  1. Kegiatan Inti                            :
Eksplorasi                                           
-          Guru menjelaskan tentang Organisasi pertandingan
-          Siswa menyimak
Elaborasi                                 
-          Siswa secara berkelompok diberi tugas untuk mencari informasi tentang sistem pertandingan
-          Siswa secara berkelompok mendiskusikan pembuatan bagan sistem gugur dan sistem kompetisi
-          Siswa membuat laporan hasil diskusi kelompok
-          Guru mengamati penerapan nilai-nilai Religius, Toleransi, kerjasama, demokratis, percaya diri, tanggung  jawab pada diri siswa.
Konfirmasi
-          Kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok
-          Kelompok membuat resume yang akan dijadikan bahan presentase kelompok di depan kelas.


  1. KEGIATAN AKHIR.
-          Guru mengadakan reviiew untuk mengetahui sejauh mana daya serap siswa terhadap materi yang baru disampaikan, melalui tanya jawab/lisan
-          Guru memberikan tugas akhir kepada siswa baik tugas individu maupun tugas kelompok
  1. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
-          Ruang kelas, alat tulis
-          Lap top, in focus papan tulis

V. PENILAIAN
 Penilan Diskusi meliputi
-          Religius
-          Toleransi
-          Kerja sama
-          Demokratis
-          Percaya diri
-          Tanggung jawab
-          fortofolio
                           

No
Nama
Religius
Aspek yang dinilai
Fortofolio
NILAI
Tol
Kerjas
Demok
PD
T.jawab
Jml
Rata











Mengetahui                                                                                                      Jakarta Juli 20011
Kepala SMKN 42 Jakarta                                                                                Guru Bidang Studi




Drs. Uju Juhiwa, M.pd.                                                                                                Ahyadi, S.pd.
NIP. 195909011985031014                                                                                                            NIP. 131 862 697



1 komentar: